JAKARTA – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kembali menggelar konsultasi kesehatan gratis menjelang bulan puasa. Kegiatan yang didukung oleh Kalbe Farma ini akan dilakukan di 45 kota di Indonesia, pada 28-29 Mei 2016.

Bendahara Umum dan Manajemen Aset IDI, Ulul Albab menjelaskan, kegiatan rutin ini sebagai bentuk peringatan Hari Bakti Dokter. Sebelumnya, pada tahun 2015 lalu, konsultasi dan layanan kesehatan dilakukan di tiga stasiun di Jakarta selama satu minggu penuh.

“Kita sudah menghubungi pengurus IDI cabang dan wilayah. Antusiasmenya luar biasa dan saya berharap kegiatan ini tidak berhenti dan dapat berlanjut tahun-tahun seterusnya,” ujar Ulul dalam kesempatan temu media di Kantor Pengurus Pusat IDI, Jakarta, Rabu (18/5/2016).

Menurutnya, penyakit yang kerap dikhawatirkan masyarakat selama bulan puasa adalah gastritis atau mag. Namun, kata dia, penyakit mag bisa dicegah dengan cara menghindari faktor pemicunya. (Baca: Muhammadiyah dan NU Kompak Awal Puasa Ramadan 6 Juni 2016)

Dia menuturkan, mulai dari pola makan yang tidak tepat, stres, dan merokok. “Edukasi menjadi hal yang penting, biar masyarakat bisa beraktivitas di bulan puasa dengan lancar. Ketika kita punya gangguan pencernaan tentu semuanya jadi enggak enak kan,” tandasnya.

SHARE